DEFINISI MARITIM SECARA LENGKAP

Maritim Adalah

Maritim asal menurut bahasa inggris yaitu maritime, yg berarti navigasi, menurut kata ini lalu lahirlah istilah maritime power  yaitu negara dengan kekuatan maritim atau negara menggunakan kekuatan yg bebasis pada bahari. 

Masih pada bahasa Inggris, istilah yang dipakai buat menerangkan sifat atau kualitas yg menyatakan penguasaan terhadap laut merupakan seapower. 

Sementara, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, maritim diartikan menjadi hal yang berkenaan menggunakan bahari, terutama hal yg berkaitan pelayaran dan perdagangan pada bahari. Pengertian tersebut menegaskan bahwa negara maritim adalah negara yang terkait dengan kebaharian atau kelautan.

Dan perlu di tegaskan juga bahwa negara maritim adalah bukan jargon semata melainkan sebuah tindakannya nyata.

Dari istilah seapower atau kekuatan laut tadi maka Istilah maritim sering mengandung unsur bermakna ganda. Untuk terus menjadi sebuah negara maritim mak di perlukan sebuah persyaratan. Pengertian negara maritim apabila terpenuhi semua persyaratan maka di pastikan negara indonesia akan semakin kuat.

Terdapat 2 versi buat pengertian maritim ini : maritim dalam pengertian sempit yg hanya berhubungan dengan efek & bahari (angkatan bahari) 

Dan arti kedua yaitu negara maritim pada arti yg seluas-luasnya yg meliputi seluruh aktivitas yang berafiliasi dan berkenaan menggunakan bahari atau lebih acapkali disinggung dengan istilah kelautan.

Jika ditinjau dari sisi rapikan bahasa, kelautan merupakan istilah benda, sedangkan maritim adalah adjektiva. 

Maka Negara Maritim adalah penggabungan antara benda sebagai negara dan objektiva sebagai maritim.

Dengan demikian, bila kita ingin menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara bahari maka  negara indonesia wajib  memanfaatkan potensi lautnya dan pada akhirnya cita rasanya akan  penggunaan kata negara maritim akan lebih sempurna. 

Indonesia terus mengembangkan diri untuk menjadi negara maritim, bukan hanya negara agraria ataupun kelautan. 

Argumentasi alasannya adalah, indonesia negara maritim merupakan negara yg memiliki sifat memanfaatkan potensi laut buat kemakmuran negaranya, sedangkan negara kelautan lebih menunjukkan syarat fisiknya saja, yaitu negara yg berhubungan, dekat menggunakan atau terdiri dari bahari.sudah saat nya kita berorientasi menuju konsep negara maritim.

Membentuk Negara Maritim tidak hanya menentukan Hari Maritim Indonesia untuk Internasional. Atau hanya seremonial tentang potensi negara maritim

Tapi Konsep Negara maritim akan terbentuk apabila masyarakat masyarakat di lebih paling bawah agar bisa menentukan perapa persen dari nilai upaya memudahkan dan menyelesaikan permasalah tentang konsep negara maritim dan perlu adanya parameter untuk melihat dan batuan dari hotel nyang paling tinggi.

Konsep Poros Maritim Dan Konsep Negara Maritim Mempunyai Perbedaan walaupun sama sama mengusung tema kemaritiman. Tetapi pada kenyataannya maritim adalah tetap mengacu pada dimana negara bisa mengoptimalkan sumber daya maritim.

Menurus Poros Maritim dimana maritim adalah acuan buat semua negara negara yang mempunyai laut agar ikut bergabung dengan gagasan Poros Maritim.

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Negara Maritim